tulis saja, walau sedikit, apa saja..

Kamis, 20 September 2012

Karena Pilkada


Hari ini (20/09/12) Jakarta tengah melangsungkan pesta demokrasinya guna menentukan siapa yang berhak memimpin ibukota dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Saking “meriah”-nya, pesta itu tidak cukup dihelat satu putaran.

Bak di dalam sebuah turnamen sepakbola, laga yang berlangsung di tanggal 11 Juli nan lalu baru sampai pada ajang kualifikasi. Barulah pada hari ini, dua kubu yang berhasil lolos akan beradu kuat di babak final. Mereka adalah: Foke-Nara dan Jokowi-Basuki.

Sekarang, mari kita singkirkan dulu jauh-jauh ulasan serta prediksi kita mengenai siapa yang akan menjadi pemenang pada ajang pilkada DKI kali ini. Sebetulnya ada sebuah hal yang sedikit mengecewakan saya atas diberlangsungkannya perhelatan pilkada DKI putaran ke dua di hari ini.

Entah karena minimnya lahan kosong atau bagaimana, hari ini banyak sekali saya jumpai Tempat Pemilihan Umum (TPU) yang sengaja dibangun di atas jalan. Akibatnya, jalan-jalan yang biasanya dapat dipergunakan untuk sementara harus terputus. Tentu sedikitnya hal ini mampu mengurangi rasa kenyamanan warga sebagai pengguna jalan. Akibat akses yang terhambat, dapat menyebabkan waktu menjadi terbuang sia-sia.

Inilah yang saya alami tadi siang. Setidaknya ada empat buah TPU yang menyebar di jalan-jalan di sekitar tempat saya tinggal. Dengan adanya keempat TPU yang menghambat jalan itu saja, perjalanan saya yang tak sampai dua kilometer bisa memakan waktu tempuh hingga lebih kurang dua puluh menit dengan kendaraan bermotor. Lewati jalan yang biasa-ketemu TPU-mutar lewat gang-ketemu lagi TPU-masuk gang lagi-TPU lagi-dan seterusnya, sampai akhirnya saya sampai di tempat tujuan.

Sejujurnya saya kecewa dengan hal ini. Mungkin orang lain juga akan sependapat dengan saya. Ada baiknya hal ini patut dicermati bagi setiap elemen yang turut berkecimpung di dalam pelaksanaan pemilihan umum, agar tidak terulang lagi di lain kesempatan. Bukankah hingar-bingarnya sebuah pesta hendaknya tidak sampai mengusik kenyamanan orang lain?

Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

© TUL[!]S, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena