tulis saja, walau sedikit, apa saja..

Kamis, 07 Juni 2012

Status Baru, Rumah Baru


Menikah muda adalah salah satu rencana masa depan terbesar saya di dalam perjalanan hidup ini. Setelah target saya dalam merengkuh gelar sarjana di tahun 2011 lalu telah tercapai, lalu diikuti dengan keberhasilan saya dalam memperoleh pekerjaan di tahun berikutnya, maka setelahnya saya ingin sekali menggenapkan kebahagiaan tersebut dengan membentuk sebuah keluarga kecil.

Guna meraih cita-cita tersebut, berbagai upaya awal telah saya persiapkan sedini mungkin, agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan harapan. Satu dari sekian banyak persiapan tersebut ialah merancang sebuah hunian sederhana untuk saya dan pasangan saya tempati ketika telah menikah kelak.

Bagi seorang pegawai baru, mungkin dalam mewujudkan sebuah hunian dambaan akan terasa begitu berat. Lebih-lebih, di dalam kasus ini, selain ingin meraih impian di dalam mewujudkan tempat tinggal yang ideal, sebelumnya saya juga dituntut agar memiliki sejumlah dana untuk menutupi biaya keperluan menikah. Dua dana besar, untuk dua cita-cita besar: rumah dan menikah.

Permasalahan ini sedikit mengganggu pikiran saya. Saya khawatir, saya tidak akan memiliki cukup dana untuk bisa memenuhi kedua ambisi tersebut secara bersamaan–mengingat rumah dan menikah adalah dua cita-cita yang saling melengkapi dan sama-sama membutuhkan dana yang besar. Karena kendala tersebut, saya sampai berniat untuk mengulur waktu pernikahan saya dari rencana awal hingga dana yang saya kumpulkan nantinya cukup untuk membiayai keperluan dalam membeli sebuah unit rumah serta juga untuk keperluan menikah.

Pada akhirnya, saya berkunjung ke website resmi Bank Central Asia (BCA) di alamat www.bca.co.id. Di website tersebut berisi berbagai macam informasi seputar BCA, mulai dari profil TENTANG BCA, hingga kepada solusi perbankan, produk perbankan serta layanan perbankan yang ditawarkan oleh BCA untuk masing-masing kategori nasabah: INDIVIDUAL, COMMERCIAL/BUSINESS, dan CORPORATE.

Pada kolom solusi perbankan untuk kategori nasabah individual, saya menemukan banyak sekali solusi perbankan yang mampu diberikan oleh BCA kepada setiap nasabah individualnya, mulai dari hunian ideal, kendaraan idaman, hingga kepada kebutuhan dana tambahan. Harapan di dalam diri saya mulai merekah kembali setelah saya membaca mengenai salah satu solusi perbankan yang diberikan oleh BCA kepada nasabah individualnya, yakni: hunian ideal.

Pada bagian tersebut, BCA secara gamblang memberikan panduan dari poin ke poin mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah hunian, yang meliputi: kategori hunian, faktor lokasi, calon hunian baru atau bekas, rencana renovasi hunian, beli untuk investasi, dan juga yang paling penting ialah mengenai sumber dana.

Kesempatan untuk segera memiliki hunian yang diidam-idamkan pun semakin terbuka lebar bagi saya. Setelah menyimak pembahasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah hunian, masih di bagian solusi perbankan untuk jenis solusi hunian ideal, di sana juga saya dapati tulisan yang menguraikan berbagai rupa keuntungan yang akan diperoleh oleh seseorang ketika memutuskan untuk membeli rumah secara kredit.

Di sana dikatakan bahwa dengan membeli hunian secara kredit dapat memungkinkan bagi seseorang untuk tidak perlu memiliki dana persiapan yang terlalu besar. Dana yang telah dipersiapkan di awal tadi cukup dijadikan sebagai uang muka saja, sementara sisa pembayarannya dapat kita cicil sesuai dengan kemampuan. Waktu yang kita butuhkan untuk mengumpulkan dana sebagai uang muka tersebut juga relatif lebih singkat. Biaya untuk keperluan menikah pun juga masih dapat saya sisihkan setelahnya. Artinya, dengan total simpanan yang sekian rupiah, bisa menutupi dua kebutuhan yang sama pentingnya, yakni: sebagai uang muka untuk sebuah hunian tempat tinggal, dan tentu saja biaya keperluan menikah.

Selanjutnya, bila dana yang dipersiapkan sebagai uang muka telah terkumpul, bagi para calon pembeli hunian dapat segera mengajukan permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Apa itu KPR? KPR dapat berarti pihak ketiga–setelah penjual dan pembeli–yang memberikan bantuan berupa kredit untuk keperluan pembelian rumah bagi para calon pembeli rumah. Nah, BCA merupakan salah satu perusahaan perbankan yang ada di Indonesia yang memiliki layanan KPR tersebut. Syarat-syarat yang diajukan serta proses persetujuan untuk KPR BCA ini juga mudah dan cepat. Dengan demikian, calon pembeli pun dapat sesegera mungkin menempati hunian idamannya tersebut tanpa terlebih dahulu harus menunggu lebih lama lagi sampai dana yang dikumpulkan sebelumnya mencukupi seharga hunian tersebut.

Sebenarnya masih ada lagi keuntungan yang bisa kita peroleh dalam melakukan pembelian rumah secara kredit. Selain hanya membutuhkan dana awal yang ringan sebagai uang mukanya saja, lalu hunian tersebut dapat segera kita miliki, keuntungan lainnya yang dapat kita raih ialah angsuran yang mesti kita bayarkan juga bersifat fleksibel serta dapat disesuaikan dengan kemampuan kita. Selanjutnya, masalah keamanan juga lebih terjamin, karena pengelolaan serta pengecekan legalitas dokumen penting dalam rangka pembelian hunian yang meliputi sertifikat hunian, izin bangunan, serta dokumen lainnya akan dilakukan oleh bank penyedia layanan KPR yang ditunjuk. Dan terakhir, bila kita cermat dalam memilih calon hunian, pembelian hunian dapat sekaligus menjadi ajang investasi bagi kita. Hal ini terjadi dikarenakan harga properti akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Jadi, bila anda mendapatkan sebuah hunian yang strategis serta nilainya diprediksi akan terus meningkat, maka sudah barang tentu anda akan memperoleh keuntungan di waktu mendatang.

Oh ya, untuk di BCA sendiri, cara pembayaran angsuran KPR ini dapat dilakukan secara auto debet dari rekening si pemohon yang bersangkutan di BCA. Kemudahan transaksi ini turut memberikan nilai plus bagi BCA sebagai penyedia layanan KPR bagi para nasabahnya.

Dan pada akhirnya, problem saya dalam hal budget yang mesti dikumpulkan dalam waktu singkat guna mewujudkan dua cita-cita besar sekaligus–menikah dan memiliki hunian ideal–tuntas sudah berkat solusi yang ditawarkan oleh BCA. Status baru (menikah), rumah baru.

Namun, di suatu hari nanti, saya juga ingin meraih impian besar saya yang lain, yakni terbang menuju masa-masa kebebasan finansial, bersama keluarga kecil saya, serta juga tentunya BCA. Aamiin..





0 komentar:

Posting Komentar

© TUL[!]S, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena